Installasi WordPress 2.3.2

Berhubung udah nulis WP versi terbaru tadi jadi sekalian aja gw share cara updatenya disini.

Oh..iya sebagai bahan acuan untuk lebih detil bisa baca di website resminya WordPress dot com .

Cukup ribet juga awal-awal karena untuk wordpress yang baru ini ada perbedaan struktur tablenya. Tapi asal ngikutin langkah-langkahnya pasti bisa. Itu juga setelah menanyakan langsung ke pihak hosting tentang backup-membackup ( Kebetulan gw jg punya blog yang hosting di Baliorange).

Nah, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum mengupgrade ke WP yang baru :

1. Coba dulu di server Offline (Recommended )

Langkah I Ini penting banget. Jadi untuk pertama kali kita musti coba dulu di server offline ( komputer kita di rumah ). Ini Untuk mengetahui kira-kira kita bakal nemuin error nggak nantinya. Gak lucu dunk kalo pas langsung kita coba tau-tau databasenya berantakan ) .

Kalo gw pribadi langsung mencobanya ke server online tapi ini tidak disarankan lho( do with your own risk ). Oh iya gw anggap dalam hal ini sudah pada ngerti cara install di server offline jadi enggak gw bahas. Kalo belum bisa silahkan cari di search engine google cara” instalasi server offlinenya. Mungkin lain waktu saya bahas :).

2. Backup data WordPress sebelumnya

Nah langkah ke II yaitu selalu melakukan backup data terlebih dahulu. Kenapa ? Ya..iyalah, ntar kalo error semua trus gak punya backupnya, situ mau gigit jari ? ) .

Khusus untuk backup ini yang tadi gw lakukan sesuai petunjuk yaitu membackup semua data-data wordpress lama yang ada di server hosting ke komputer kita. Kalo sudah maka kita bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Memulai langkah upgrade WordPress :

1. Matikan Plugin WordPress

Kalo kita memakai beberapa plugin yang tersedia di wordpress masih aktif maka saat sebaiknya ini kita harus menonaktifkannya terlebih dahulu.

2. Hapus data WordPress Lama

Jika sudah membaca langkah-langkah sebelumnya maka berikutnya adalah menghapus data wordpress lama kita yang ada di server hosting. Ada beberapa data yang tidak perlu di hapus. Kenapa ? Yang jelas karena data itu masih kita pakai :). Adapun data yang tidak dihapus seperti :

wp-config.php

folder wp-content

.htaccess file

folder wp-include : ini boleh di hapus jika tidak ada modifikasi pada bagian language

2. Download WordPress Terbaru

Download WP terbaru langsung di WordPress.org . Jika sudah silahkan anda extract file zip tersebut. Kemudian anda sudah bisa mengupload file-file tadi ke tempat dimana file wordpress sebelumnya berada.

Untuk menjalankan program upgradenya yaitu dengan mengetikkan perintah berikut di browser :

http://www.example.com/wp-admin/upgrade.php

( Ini hanya sekedar contoh, untuk tulisan yang warna merah silahkan sesuaikan dengan alamat website anda )

Ikuti 2 langkah setelahnya maka selesai sudah proses upgradenya. Jangan lupa untuk sebelum mengaktifkan kembali plugin yang sebelumnya kita gunakan dengan mengupdate plugin terbaru yang sesuai dengan versi WP yang kita gunakan.

Senang juga akhirnya bisa memperbaharui versi wordpress walau sempat error kemarin malam :-). Tp setelah utak – atik sana sini dan setelah dilihat sudah gak ada masalah lagi sampai sekarang. Ya, walaupun agak terlambat buat ngasih tutor karena mungkin sudah ada banyak tapi nggak ada salahnya di tuliskan kembali :-)). Sukses !!

One Response

  1. Bro, saya kok mengalami masalah ya dengan instalasi WP 2.3.2.
    Saya ga bisa menambah widget, jadi yang ada cuma widget links dan meta aja.

    Btw, saya pakai template buatan NS design. Apakah template ngaruh??

    Mohon pencerahannya.. makasih..

    Malaikax : Udah coba di offline ? atau udah coba ganti theme yang lain ? Coba di ganti dulu buat perbandingan. Biasanya default sich bisa. Gak ada masalah. Saran gw sich coba dulu di offline soalnya banyak perubahan di versi ini. 🙂

Leave a comment